Monday, 13 November 2017

Cara Pembayaran Uang Tambang Muatan (Freight)

Didalam dunia pelayaran niaga ada beberapa istilah mengenai cara pembayaran uang tambang muatan yang perlu diketahui, yaitu antara lain:

1.         Freight Prepaid atau Advance Freight, adalah uang tambang mutan yang diselesaikan atau dibayar dimuka oleh shipper dipelabuhan pemuatan kepada carrier.
2.         Freight Payable at Destination atau Destination Freight, adalah uang tambang muatan yang dibayar atau diselesaikan dipelabuhan tujuan sebelum barang/muatan diserahkan kepada consignee, dan carrier berhak untuk menahan barang sebelum uang tambang muatan dilunasi seluruhnya.

3.         Freight Collect atau Freight Forward, pada prinsipnya sama dengan freight Payable at Destination, yaitu uang tambang muatan yang akan dibayar/dilunasi oleh pemilik barang kepada pengangkut pada saat barang akan diserahkan dipelabuhan tujuan.

4.         Dead Freight , adalah uang tambang muatan yang dapat diminta oleh pemilik kapal kepada pencharter kapalnya (charterer), bilamana charterer tidak dapat mengangkut seluruh muatannya atau bila charterer telah memesan ruangan dan sudah disiapkan oleh pemilik kapal, akan tetapi ternyata kemudian charterer tidak jadi menggunakannya, oleh karena itu maka charterer harus membayar ganti rugi (dead freight) kepada pemilik kapal.

5.         Freight as Agreed  atau Freight Payable as Arranged, adalah uang tambang yang dibayar sesuai atas  persetujuan yang dilakukan antara  pemilik barang dengan carrier/pengangkut, disini terdapat pengecualian perlakuan terhadap freight, dimana tidak tampak sama sekali oleh pihak luar (seperti calon pembeli B/L.) berapa besarnya uang tambang muatan yang sudah atau akan dibayar dan bagaimana bentuk arrangement pembayarannya. Sebaiknya Bank Devisa menolak penggunaan ketentuan pembayaran Freight as Agreed atau Freight as Arranged tersebut demi kepastian tentang besarnya uang tambang muatan dan cara pembayaran.

6.         Back Freight, adalah uang tambang muatan yang berlebih (over carried cargo) yang tidak dapat dibongkar dipelabuhan tujuan, tetapi terpaksa dibawa kapal untuk dibongkar ditempat/pelabuhan lain.

7.         Freight All Kind ( FAK ), adalah uang tambang muatan yang dikenakan  dimana tarif atau besarannya sama  untuk setiap muatan peti kemas yang diangkut, dan biasanya untuk angkutan jarak dekat port to port.



Bagi perusahaan pelayaran, agar kapal-kapalnya dapat terus berlayar dengan menguntungkan maka harus diusahakan pendapatannya (revenue) harus lebih besar dari biaya (cost) yang dikeluarkan, karena laba/keuntungan (profit) didapat dari selisih antara revenue dan cost.

Profit  =  Revenue  -  Cost

Agar pendapatan (revenue) perusahaan pelayaran tetap besar dan optimal, maka pengoperasian kapal-kapalnya harus lebih dijalankan dengan effective, efisien dan seekonomis mungkin, oleh karena itu koordinasi antar unit/bagian dari suatu perusahaan pelayaran harus baik.

Petugas perusahaan pelayaran yang bertugas dibidang pemasaran untuk mencari muatan (canvasing) dinamakan Canvaser.

Untuk menetapkan besarnya uang tambang yang akan ditawarkan oleh pengangkut (carrier) maka harus mempertimbangkan juga beberapa faktor yang akan mempengaruhi operasional kapalnya, seperti:
                  
-    Stowage factor (faktor muat dikapal)
-    Jarak pelayaran yang akan ditempuh
-    Market Share (bagian pasar atas muatan)

Untuk Liner Service dapat dipengaruhi juga oleh berbagai beban tambahan dan penyesuaian uang tambang muatan yang dinamakan Surchages atau Adjusment factor,yang disebabkan perubahan kurs mata uang, kenaikan harga BBM, timbulnya peperangan dan keadaan politik yang buruk. 
Untuk menanggulangi agar tidak rugi dengan cara menambah kompensasi seperti :
-          Currency Adjusment Factor (CAF)
-          Bunker Adjusment Factor (BAF)
-          Port Congestion Surchages (PCS)

-          War Risk Additional Surchages(WRAS)

1 comment:

  1. Stainless Steel Poker Hands - Tiin' Titanium White
    Stainless Steel Poker Hands are stainless steel titanium easy flux 125 hand made for Poker players with a clear camillus titanium and polished matte titanium easy flux 125 amp welder finish. There is no ford fusion hybrid titanium guarantee dei titanium exhaust wrap they will be

    ReplyDelete